Pekanbaru - Universitas Riau kembali menunjukkan langkah inovatifnya dengan menciptakan sebuah mobil listrik yang ramah lingkungan.

Mobil tersebut diberi nama Ureca (University Of Riau Eco Car) yang artinya kendaraan Unri yang ramah lingkungan. Kendaraan tersebut diciptakan oleh beberapa mahasiswa semester akhir Jurusan Teknik Mesin Unri dengan dibimbing oleh dosen-dosen yang berkompeten di bidangnya.

Mobil yang tidak menggunakan Bahan Bakan Minyak (BBM) ini memang sengaja dimodifikasi berbentuk seperti mobil jeep dengan memiliki kemampuan membawa beban seberat 400 kilogram. Selain itu mobil memiliki kemampuan menempuh jarak 100 kilometer untuk tiap satu baterai yang telah didesain sedemikian rupa dengan hanya memiliki kecepatan maksimal 25 kilometer/jam.

Pembantu Rektor Empat Universitas Riau Dr Adhy Prayitno MSc mengatakan pada mulanya ide ini muncul ketika para akademisi Unri mencari solusi untuk menciptakan sarana transportasi yang dapat dimanfaatkan di dalam kampus.

"Mobil yang didesain agar ramah lingkungan ini akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 18 Oktober 2009 saat acara Unri Scientech Exp 2009. Mobil yang menggunakan baterai dengan daya 36 volt ini pada awalnya bernama Erica (Elektric Riau Car), namun dengan berbagai pertimbangan diganti dengan Ureca,’’ ujar alumni pendidikan Doktor di salah satu universitas di Inggris tersebut.

Saat dikonfirmasi mengenai kelanjutan temuan inovatif tersebut, Adhy mengatakan ke depannya mobil ini akan didesain lagi menjadi sebuah bus dengan memanfaatkan energi cahaya matahari, sehingga tidak ada batasan dalam memperoleh energi. Kendaraan tersebut nantinya akan dijadikan armada transportasi untuk para mahasiswa dan staf di Unri. (Batam Cyber Zone.com)