SOLO - Pamor Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo masuk kian moncer. Perguruan tinggi negeri di Kota Bengawan ini masuk 200 PT terkemuka di Asia versi The Higher Education Survey (THES).

Atas rangking yang diperoleh tersebut, UNS Solo berhak atas hadiah Rp 11 milyar dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dirjen Dikti) Depdiknas. ''Dana ini akan kita pergunakan untuk meningkatkan kualitas akademik, agar peringkat UNS Solo masuk jajaran world class university meningkat,'' tutur Purek IV, Prof Dr Adi Sulistyono.

Prof Adi berakali-kali ingin memanfaatkan semaksimal mungkin dana Rp 11 milyar dari Dirjen Dikti tersebut peningkatan kualitas akademik.Khususnya, untuk peningkatan kualitas mahasiswa dan dosen.

Menurutnya, hadiah senilai Rp 11 milyar tersebut wajar diberikan oleh Dirjen Dikti. Dan, ini sebagai reward atau hadiah bagi sebuah perguruan tinggi yang mampu mencapai prestasi tertentu. Dan, hadiah serupa diberikan kepada delapan PT di Indonesia. Salah satunya UNS Solo.

''UNS Solo masuk peringkat 200 PT terbaik di Asia sangatlah membanggakan. Betapa tidak, UNS Solo saja masuk delapan PT terbaik di Indonesia cukup berat. Bisa masuk delapan PT terbaik di Indonesia saja, harus menyisihkan 2.800 PT lain di tanah air''.

Prof Adi juga memuji langkah Dirjen Dikti memberi rangsangan hadiah Rp 11 milyar. Ini sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada PT yang mampu menembus obsesi world class university. Dan, hadiah ini sekaligus merangsang PT yang bersangkutan untuk lebih meningkatkan kualitas akademik dan sumber daya yang lain. (REPUBLIKA ONLINE.COM)